Tugas algoritma

 1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma? 

Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas.

 

2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

aBagan alir atau flowchart merupakan penulisan algoritma berdasarkan notasi grafis dalam bentuk bagan urutan.

b. Pseudocode yaitu metode penulisan algoritma yang penampilannya menyerupai bahasa pemrograman yang digunakan pada tingkat lanjut, namun masih dapat dipahami.

 

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya! 

1) Jalankan program RoboMind.

2) Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan.

3) Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea.

4) Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R.

5) Tambahkan Forward(3), Left, Forward(8), Right.

6) Tambahkan #Huruf I, Paintwhite, Forward (2), dan StopPainting.

7) Tambahkan Right, Forward(2), Left, dan Backward(2).

8) Tambahkan #Huruf A dan A ( )

9) Tambahkan program-program selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan-aturan kode seperti tadi.

10) Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut.

11) Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.

 

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!  

Variabel merupakan simbol yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai. Sedangkan 

tipe data adalah jenis nilai yang akan disimpan.

 

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya! 

String nama; int umur; char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya.Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong), karena belum kita isi.Kita juga dapat membuat variabel dengan mengisinya langsung.


6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

Boolean = pilihan benar atau tidak
Nomor   = Integer atau angka bulat
String    = Huruf


7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

A. Tipe Data Numerik/Angka Adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika. 

B.Tipe Data Teks Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses secara matematika. 


8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 

START

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'Z'

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'A'

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'L'

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'F'

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'A'

END


9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.

 

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind. 

Start

Move’posisi awal

Write Z

Move’posisi awal

Write M

Move’posisi awal

Write A

Move’posisi awal

Write K

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS Akhir BAB 1 M.irfan farih

Latihan Bab 3

Latihan Computational Thinking