Latihan Bab 3
Latihan Akhir Bab 3
PILIHAN GANDA
1. Teknologi machine learning tidak dapat digunakan untuk C. membantu Google untuk memberikan hasil pencarian sesuai konteks pencarian yang dilakukan pengguna
2. Teknologi computer vision dapat digunakan untuk D. membuat mobil self-driving dapat mendeteksi mobil dan objek lain di jalan raya
3.
Ketika
mengetik kalimat di aplikasi pengiriman pesan, aplikasi tersebut mengoreksi
spelling dari kata-kata tertentu. Hal ini karena aplikasi tersebut dilengkapi
teknologi D. NLP
4.
Berikut
kelebihan dari 5G dari pendahulunya A.
(1) akses data lebih cepat dan (2)
Latensi lebih kecil
5. Teknologi berikut yang paling mendapat dukungan oleh kehadiran 5G adalah D. IoT
6. Berikut yang bukan dampak dari teknologi IoT adalah B. jumlah data yang ada di internet akan bertambah dengan cepat
7.
Berikut
yang bukan keuntungan perdagangan secara elektronik bagi perusahaan adalah D. perusahaan harus mengirimkan barang yang
dibeli ke tempat yang jauh
8.
Berikut
yang bukan keuntungan perdagangan secara elektronik bagi konsumen adalah D. pembeli harus menunggu beberapa hari
hingga barang tiba
9.
Berikut
yang bukan keuntungan internet banking bagi nasabah adalah C. dapat menarik uang dari internet
10. Berikut yang bukan keuntungan internet
banking bagi bank adalah D. bank perlu
menyiapkan system yang benar-benar aman
11. Kelebihan dari penggunaan layanan
pembayaran online seperti Paypal jika dibandingkan dengan menggunakan kartu
kredit adalah D. transaksi pembayaran
lebih aman
12. Kelebihan Paypal jika dibandingkan
dengan aplikasi e-wallet ditunjukkan oleh nomor B. (3) Nilai transaksi dapat lebih besar
13. Aplikasi teknologi yang kehadirannya
tidak menjadi ancaman bagi opelaku bisnis lain ditunjukkan oleh nomor B. (2) E-government
14. Berikut yang bukan keuntungan dari
aplikasi e-government adalah A. tidak perlu bertemu masyarakat lagi
15. Kelebihan transportasi online
ditunjukkan oleh nomor B. (1) kemudahan
pemesanan dan (4) biaya lebih transparan
16. Dampak dari perkembangan telepon
seluler yang ada saat ini ditunjukkan oleh nomor D. (1) kaum milenial lebih senang menonton
video di Youtube dibandingkan televisi, (2) Maraknya panggilan suara dan video
menggunakan koneksi internet, dan (4) Pengguna media social meningkat
17. Berikut yang bukan bentuk layanan dari
e-health adalah A. call center rumah
sakit 24 jam
18. Berikut yang bukan teknologi yang
mendukung adanya mobil self-driving adalah
A. NLP
19. Pada mobil self-driving, teknologi
LiDAR digunakan untuk A. mendeteksi
mobil lain yang ada di lingkungannya
20. Fitur media social yang digunakan oleh
pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain adalah D. fitur memberikan komentar
21. Berikut yang bukan manfaat dari media social
adalah C. memamerkan gaya hidup
22. Pernyataan yang berkaitan dengan
dampak buruk akibat penggunaan media social ditunjukkan oleh nomor B. (1) adanya fenomena cyberbullying, (2)
menyebarnya hoaks, dan (3) adanya pelaku yang suka melakukan trolling
23. Hal yang sebaiknya tidak di posting di
media social ditunjukkan oleh nomor B.
(3) foto-foto kecelakaan, (4) Foto jasad keluarga yang sudah minggal, dan (5) Kata-kata
kebencian kepada orang lain
24. Kelemahan telepon bergerak generasi awal ditunjukkan oleh
nomor C. (1) Koneksi saat bergerak, (2)
Baterai, dan (3) Ukuran
25. Cara untuk menghindari fenomena
phubbing adalah A. menetapkan aturan
untuk mematikan smartphone
26. Hal yang termasuk konten negative di
media social ditunjukkan oleh nomor
C.(1) Foto yang berbau pornografi dan (2) Kekerasan terhadap binatang
27. Tindakan di media social yang dapat
dikenakan tuntutan hukum ditunjukkan oleh nomor (2) Menyebarkan hoaks dan (3) Menghina orang
lain
28. Berikut yang bukan merupakan
pelanggaran etika di media social adalah
A. menampilkan nomor telepon sendiri di akun profil
29. Tindakan yang baik untuk melindungi
diri dari bahaya media social adalah B.
meng-upload data sekedarnya saja
30. Berikut yang bukan fitur Facebook untuk melindungi diri dari perilaku pengguna lain yang kurang berkenan adalah A. akun pengguna
ESSAI
1. Kemudahan yang diberikan teknologi NLP saat menggunakan aplikkasi tertentu adalah memudahkan dalam menemukan kata dalam bahasa asing saat ke Negara lain dan mempercepat proses pencarian kata tertentu.
2. Teknologi mobil self-driving memberikan kemudahan dalam keluarga saya dengan mengantar sampai ke tempat tujuan secara otomatis tanpa kita perlu mengendalikannya secara aman dan sigap.
3. Hubungan teknologi 5G dan IoT adalah dapat memberikan layanan jaringan koneksi dengan kecepatan yang sangat tinggi dan kapasitas bandwidth lebih besar tapi memiliki latensi yang rendah.
4.
Perbedaan
uang digital dan e-wallet adalah uang digital mempunyai format digital, yang
dibuat dalam bentuk token atau koin, sedangkan e-wallet adalah uang elektronik
yang berbasis pada server yang berbentuk sebuah aplikasi yang terdapat pada
smartphone.
5. Manfaat yang diterima masyarakat dan pemerintah dari penerapan teknologi e-government adalah,
a. Meningkatkan layanan kepada masyarakat
b. Meningkatnya hubungan antara pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat karena informasi lebih mudah diperoleh.
c. Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat
d. Hilangnya birokrasi
6. Kemudahan yang diberikan layanan transportasi online dan dapat mengubah gaya hidup masyarakat, yaitu
a. kemudahan dalam pemesanan, bisa darimana saja dan kapan saja
b. penentuan harga yang adil
c. kualitas layanan yang baik
d. menyediakan berbagai layanan seperti layanan beli dan antar makanan, paket, dll
7. Perbedaan fitur media social Youtube dan Instagram adalah
a. IGTV untuk video dengan format vertical sedang Youtube dapat digunakan dengan format vertical maupun horizontal
b. Kemudahan Menyampaikan informasi
Dengan format vertical, IGTV dapat memposisikan frame video dengan ruang lebih luas sehingga informasi lebih mencolok.
Video horizontal Youtube membuat teks menjadi lebih kecil
c. Sulit mengatur group shot pada format video vertical
8. Tindakan di media social yang dapat menyebabkan kita dikenakan tuntutan hikum antara lain:
a. Menyebarkan berita hoaks
b. Ujaran kebencian
c. Mengancam Presiden/Wakil Presiden
d. Konten negative
e. Penghinaan dan pencemaran nama baik
f. Pemerasan dan pengancaman
9. Fitur perlindungan diri di media social facebook antara lai;
a. Mengatur profil dan privacy, dipakai untuk memberikan batasan akses kepada siapa saja data profil atau yang diposting
b. Unfollow, dipakai jika inginmenghindari postingan dari salah satu teman
c. Unfriend, digunakan untuk memutuskan hubungan dengan teman FB
d. Mematikan notifikasi, untuk berhenti mendapatkan notifikasi dari postingan tertentu
e. Menghentikan komentar, dipakai untuk menghentikan komentar dari pengguna lain
f. Block, dipakai jika tidak ingin orang tersebut melihat profil dan postingan
g. Mengatur postingan dan komentar, untuk menyembunyikan, mengedit, dan menghapus postingan atau komentar
10. Etika dalam penggunaan media social agar tidak mendapatkan masalah dari penggunaan media social, antara lain dengan;
a. Menjaga privasi pribadi dan orang lain
b. Hati-hati mem-posting sesuatu
c. Member komentar yang wajar dan tidak menyerang pribadi
d. Menggunakan bahasa yang baik
e. Tidak mem-posting konten negative
f. Menghargai karya orang lain
g. Tidak membagikan berita palsu atau hoaks
h. Menggunakan etika komunikasi yang baik
Komentar
Posting Komentar